Satu Orang Satu Pohon - Dee

save hutan kota malabar


Di facebook saya mendapatkan pemberitahuan bahwa Hutan Malabar akan dialihfungsikan. Berkat isu ini saya akhirnya tahu bahwa hutan Malabar adalah kawasan rindang di dekat Ijen. Dulunya saya kira itu hanyalah lahan kosong biasa. Namun ketika saya lebih amati. Pohon-pohon besar sepanjang lahan. Lalu saya sempat bertanya apa salahnya peremajaan.

Tapi kata itu hanya halus di luarnya saja. Aslinya adalah pengalih fungsian RTH. mengubah daerah yang seharusnya menjadi daerah resapan. Diubah ke daerah rekreasi. RTH akan hilang. Air mungkin akan semakin sering jalan-jalan di atas aspal, karena jalan menuju tanah semakin jauh dan sedikit.

Dewi Lestari juga pernah mengungkapkan keresahan ini dalam cerpennya. Berjudul Satu Orang Satu Pohon. Dia kecewa bagaimana perubahan cuaca di Bandung dan Jakarta. Yang dahulunya begitu sejuk, kini menjadi ...cuk. Semuanya hanya berasal dari kerakusan segelintir orang, namun berkuasa. Serta sedikitnya orang-orang yang memiliki paham yang pas. Seharusnya semuanya bisa diselesaikan dengan merancang master plan bersama. Sehingga baik itu RTH, ruang bermain, mall, pasar tradisional, perkantoran bisa diatur dengan proporsional. Tapi di Indonesia master plan pun bisa ditabrak dengan mudah oleh beberapa orang saja. Karena memang sudah budaya.

Hutan Malabar memang hanya sebagian kecil Malang. Namun jika ini terus berlanjut, bukannya tidak mungkin Malang akan seperti Bandung dan Jakarta. Sebagaimana yang telah diceritakan oleh Dee. Lalu langkah besar namun kecil lainnya adalah. Apa yang kita lakukan sebagai individu di lingkup pribadi?




About the Author

muchtarps

Author & Editor

Mobile developer muda. Kadang berubah menjadi batman pada malam hari. Siang harinya berubah juga kalau lagi mood. Bekerja di bawah naungan bos dermawan dan rendah hati. Yaitu saya sendiri.

0 comments:

Post a Comment



 

Copyright © Mahya. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com