NIAT itu (penuh) PASSION


Memang perencanaan itu sangat penting. Tetapi masih ada yang lebih penting lagi, yaitu niat. Dan salah satu wujud niat di awal adalah dengan merencanakan, baik itu dalam menuliskannya dalam bagan, list, atau segala alat untuk menstrukturkan rencana kita.
Tetapi disini aku ingin membicarakan tentang niat yang begitu kita merasakannya maka serasa sel-sel ini seperti sel-sel yang dipunyai oleh Gatutkaca, otot kawat balung besi kata kebanyakan orang. Pasti kau pernah juga merasakannya, entah karena motivasi apa itu tetapi pada moment itu kamu serasa bisa berlari antara Malang – Surabaya. Kalaupun belum, bagus. Karena kau akan langsung takjub merasakannya.
Menurutku pribadi niat bukan hanya sembarang kata atau kerja, tapi sesuatu yang wajib dikhususkan. Maka dari itu kenapa ketika kita beribadah jika tanpa niat berarti batal, seperti sholat, puasa, dan segala aktifitas ibadah.
Tetapi kebanyakan orang sekarang niat ya yang diucapkan itu saja, menurutku niat seperti iman. Yang wajib diyakini, jika manusia sangat berniat untuk maksiat misalnya, maka saat itu pulalah dia bukan muslim. Contoh lagi jika kita bener yakin berniat ingin kuliah di Harvard, maka kemungkinan besar kita akan kulia disana dibandingkan dengan kita yang bermimpi biasa, “Emm, aku pengen ke Harvard deh”. Dan pastinya lagi niat itu akan menghangatkan badan kita, menyegarkan tulang-tulang kita. Sehingga kita mampu melewati semua batas-batas buatan manusia, serta mampu melampaui segala syarat-syarat impian kita tadi.
Perbedaannya dengan perencanaan apa?
Perencanaan itu bagian dari niat, tetapi jika kita merencanakan sesuatu bukan berarti niat kita sudah bulat. Kalau bisa disebut niat itu passion kita. Walaupun tanpa perencanaan niat pasti akan bisa melewati tantangan yang akan dihadapinya. Contoh kebanyakan dari kita adalah #ThePowerOfKepepet dan #DeadlineIsTheBestMotivator, right?
Niat itu berasal dari hati, dan hati itu raja atas sel-sel tubuh kita. Maka dari itu niat adalah segalanya. So, mari berniat dengan sebenar-benarnya. Niat yang membuat haus kalau sebelum mencapai target kita, niat yang mengokohkan sendi-dendi setiap jamnya ketika harus lembur mengerjakan tugas, niat yang selalu ada ketika di awal, di tengah, dan di akhir.

About the Author

muchtarps

Author & Editor

Mobile developer muda. Kadang berubah menjadi batman pada malam hari. Siang harinya berubah juga kalau lagi mood. Bekerja di bawah naungan bos dermawan dan rendah hati. Yaitu saya sendiri.

1 comments:



 

Copyright © Mahya. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com