[P1.1] Simple Date Format


   Mulai hari ini saya akan selalu update tentang Pemrograman 1 supaya hafalan yang di kepala ini gak mencar-mencar lagi. Semoga konsisten selalu, Amin.
    Materi pertama ini setelah “Hello World” yg mungkin semua programmer awal sudah tahu, dan juga sudah banyak yang update. Dan harapan saya untuk materi-materi selanjutnya bisa diawali dari algoritma - flowchart – program seperti yang sering di elu-elukan dosen. Dan juga untuk membiasakan bekerja secara teratur dan mudah, dan arena ini masih niru dari banyak sumber. (Malah ngelantur)
Oke materi pertama kita adalah tentang Date.

package pertama;

import java.text.SimpleDateFormat;
import java.util.Date;

public class SimpleDate {
       public static void main (String []args){
              Date tanggal = new Date();
              SimpleDateFormat format = new SimpleDateFormat("dd MMMM yyyy");
              String s= format.format(tanggal);
              System.out.println(s);
       }

}

    Source code diatas adalah source code untuk menyederhakan tampilan dari suatu tanggal. Jika kita hanya menulis [ Date tanggal = new Date();], Lalu mencetak isinya. Maka akan terjadi tanggal yang sangat detail lengkap dengan daerah waktunya yang sering tidak kita butuhkan.
    Alur kerja dari code diatas adalah yang pertama memanggil library yang dibutuhkan yaitu yang mempunyai awalan import diatas.
    Oya library adalah suatu package (paket dari suatu class atau banyak) yang berisi algoritma-algoritma atau fungsi yang umum dibutuhkan, sehingga kita dipermudah untuk menggunakannya tanpa perlu membuat ulang algoritma atau fungsi yang kita butuhkan.
    Kembali ke topic alur kerja program. Setelah library dipanggil lalu masuk ke kelas main [Simple Date, yang memiliki static void main kalau mudahnya]. Di dalam kelas ini didefiniskan ulang (inisialisasi) tanggal hari ini dengan new Date(), jika ingin merubah pada tanggal tertentu tinggal merubah didalam kurungnya. Lalu menginisialisasi mode SimpleDateFormat. Lanjut ke baris berikutnya, membuat object bernama ‘s’ dan beratribut String. Diisi dengan tanggal yang diinisialisasi diatas yang telah diformat dengan bentuk yang simple. Dan selanjutnya cetak hasilnya.


    Hasilnya adalah seperti gambar diatas. Untuk hasil yang menggunakan GUI agar tampak terlihat lebih manusiawi ahaha akan dijelaskan di posting-posting kedepannya.

    Amburadul ya tulisannya? Ahaha, maaf masih postingan pertama. Namanya juga langsung share apa yang diotak.

>>keep in curious programmer

About the Author

muchtarps

Author & Editor

Mobile developer muda. Kadang berubah menjadi batman pada malam hari. Siang harinya berubah juga kalau lagi mood. Bekerja di bawah naungan bos dermawan dan rendah hati. Yaitu saya sendiri.

2 comments:

  1. Ehmm.. Kalau saya nulis rogram

    Import Package Budaya Indonesia
    Export Package Alay, Boyband, Girlband, etc.,

    yang keluar apa yahh?

    ReplyDelete



 

Copyright © Mahya. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com