CheatSheet - Aplikasi Wajib Pertama Bagi Pemula Mac

Mitos Macbook Awam

Banyak sekali mitos tentang OS X di kalangan mereka yang awam Macbook, apalagi awam teknologi. Sehingga lebih memilih bertahan dengan apa yang sudah di tangan. Kebanyakan pengguna setia Jendela. Karena Ubuntu lebih expert lagi. Haha. Salah satu mitos yang salah adalah tidak nyaman menggunakan Macbook, tidak familiar.

Padahal sekali menggunakan Macbook. Bisa jadi malah gak mau pindah lagi. Orang awam yang baru kenal pun pasti bisa. Cukup baca sebentar buku panduannya. 

Namun bagi mereka yang Jendela minded dan tidak mau bersabar belajar bisa sedikit menyusahkan. Apple ini memang sedikit sensitif dengan lawannya tersebut. Beberapa tampilannya sengaja dibentuk berbeda dengan windows. Selain karena hak cipta, ya gengsi itu. Contoh sederhananya saja tombol minimize dan exit. Di macbook semuanya diletakkan di sebelah kiri, berseberangan dengan windows. Meski begitu, Macbook masih lebih user friendly dari lawannya.

Shortcut yang Terlupakan

Kelemahan pengguna pemula lainnya, terutama yang beralih dari Jendela adalah shortcut. Sama seperti saya. Pertama kali menggunakan Mac langsung terpukau dengan trackpad yang lebar dan banyak fiturnya. Kita bisa mengendalikan semuanya hanya lewat trackpad. Kebiasaan di windows yang selalu menggunakan shortcut di keyboard pun lupa sudah. Selain itu memang masih bingung ini shortcutnya apaan. Belum paham. Haha







Lalu karena Jendela minded. Setiap shortcut yang saya inginkan, andalannya searching di google.
Tetapi di forum, saya diperkenalkan dengan CheatSheet. Ketika saya download, aplikasi ini sekaligus mengubah segala pakem bahwa OS X itu mirip windows. Karena di Mac ini seperti Android yang serba add ons. Namun kelasnya agak naik saja, karena banyaknya fitur.  Coba saja install atau uninstall aplikasi di Mac. Cukup copy atau paste app ke dalam folder Applications.

Kembali ke CheatSheet. Aplikasi ini sangat diperlukan bagi para pengguna Mac. Terutama mereka yang pertama kali pegang Macbook dan ingin bekerja lebih cepat.

Aplikasi ini seperti asisten pemandu kita ketika bekerja dengan Macbook. Akan memberitahukan segala shortcut yang berhubungan dengan jendela kerja yang sedang aktif.

Cukup Satu Tombol untuk memulai


Untuk menjalankan aplikasi ini kita hanya perlu menahan tombol Command selama beberapa detik. Akan muncul bantuan shortcut yang bisa kita gunakan setelahnya. Sangat mudah. Tidak perlu repot lagi harus mencari di internet. Apalagi ketika tidak ada jaringan internet.


Selain itu kita bisa merubah panduan di atas menjadi pdf. Fitur yang memudahkan jika ingin membagi saran secara cepat.

Setiap Kelebihan Manusia, Pasti ada Lemahnya

Kelemahan aplikasi ini adalah hanya menampilkan shortcut-shortcut yang berhubungan dengan tombol command. Padahal di dalam sebuah aplikasi shortcut yang disediakan mencakup banyak tombol. Contohnya saja di dalam browser kita bisa menekan tombol fn+arrow yang berguna seperti tombol page up, page down, home, end. Di aplikasi ini hal tersebut belum tercakup. 

Sejauh yang saya coba, kelemahan aplikasi ini hanya itu saja. Cukup memuaskan bukan. Apalagi ketika nanti aplikasi ini sudah update untuk menutupi kelemahannya. Berikut adalah link downloadnya. Aplikasi ini gratis, tidak usah takut bagi free hunter. :D

About the Author

muchtarps

Author & Editor

Mobile developer muda. Kadang berubah menjadi batman pada malam hari. Siang harinya berubah juga kalau lagi mood. Bekerja di bawah naungan bos dermawan dan rendah hati. Yaitu saya sendiri.

0 comments:

Post a Comment



 

Copyright © Mahya. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com