2 #Ramadhan - Islamologia, Islamosensia, Islamophobia

Sebenarnya lagi males buat nulis di blog ini. Tapi ya mau gimana lagi, kantongku nipis. Gak ada hubungannya ya? terserah aku, siapa kau?

Aku sedang ingin menuruti nafsu menulis, insya Allah bukan tulisan negatif atau gosip, kalau tulisan jelek ya gak tahu haha.

Ada ceramah yang menarik di tarawih kemaren. Pembawaannya mirip sama ustadz/dosen yang sering nongol di acaranya tukul.Tapi bukan "Mister Tukul Jalan-jalan" -_-. Oh iya namanya Ustadz Wijayanto, dosen pascasarjana UGM. Mirip banget, wajahnya juga.

Menerangkan bahwa di dalam Islam ada teori pengelompokan. Islamologia, Islamosensia, Islamophobia.

Kalo Islamologia itu cara pandang yang menganggap Islam sebagai sebuah ilmu. Dipelajari, dibedah, dibandingkan, ditimbang. Jadi Islam sama dengan ilmu psikologi, ilmu komputer, dan ilmu-ilmu yang lain.

Yang Islamosensia berasal dari kata sense. Yaitu perasaan, jiwa, hakikat. Islam di sini dipandang sebagai sebuah keyakinan. Diberi contoh seorang tukang sayur yang mengucapkan basmalah pun masih berbunyi "semelah", tapi setiap adzan langsung berangkat ke masjid dan meninggalkan semua kegiatan jual belinya.

Lalu ada juga Islamophobia. Disini bukan dijelaskan ketakutan tentang Islam, namun ketakutan di dalam Islam. Kasih contoh seorang anak yang oleh orang tuanya hanya dikasih nasehat kalau kamu nurut hadiahnya surga, kalau kamu memberontak ganjaran neraka. Wuih keras, cadas. Sehingga menimbulkan cara berfikir asal aku gak dapet neraka, aman. Asal gak memberontak, tentram. Gak apa-apa gak dapet surga, yang penting gak masuk neraka. Ini berbenturan dengan prinsip fastabiqul khoirot. Membudayakan proses pembelajaran yang lembek, loyo. Tak akan banyak pemuda yang sekuat dan setagar Al-Fatih dimana diusia yang saat pemuda-pemuda kini berkutat pada kata galau, beliau sudah memimpin pasukan perang.

Para pembaca yang budiman yang super sekalian,




mari kita menuju umat yang terbaik, menuju manusia milenium kata orang di sana. Menghidupkan hati dengan Islamosensia-nya serta menguatkan dengan Islamologia-nya.

About the Author

muchtarps

Author & Editor

Mobile developer muda. Kadang berubah menjadi batman pada malam hari. Siang harinya berubah juga kalau lagi mood. Bekerja di bawah naungan bos dermawan dan rendah hati. Yaitu saya sendiri.

0 comments:

Post a Comment



 

Copyright © Mahya. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com