#MaBa 1 | O.S.P.E.K

Sedih sih ngeliat ritual tahunan ini. Selain itu, nyesel juga. Karena dulu pernah jadi panitia OSPEK. Kata orang OSPEK itu ajang mendidik mental mahasiswa, ajang meningkatkan kekebalan sikap mahasiswa, karena tak sama dengan masa SMA lagi.

Kalau menurutku ini hanya analisis sesaat saja, hipotesa kulitnya saja. Secara teori sesaat hal di atas bisa dipahami. Tapi jika ditelisik lebih mendalam, jauh pandang dari kata membangun mahasiswa. OSPEK yang hanya seminggu bisa buat mental mahasiswa lebih bagus? Ah, susah kayaknya. Kalau sebagai start up masih bisa.

Tapi, meskipun bisa dijadikan start up, metode pelaksanaannya masih belum pas. Teori mereka, ketika bentak-bentak mahasiswa baru, itu jadi ajang pendidikan. Bukannya hanya sebagai ajang testing?

Kalau mahasiswa sudah berani dari awal, mereka akan tegas, tak takut. Tapi, ada banyak mahasiswa yang sudah dididik patuh dan pekerja sedari dini. Respon mereka pasti akan menurut peraturan dari senior, bagaimanapun rupa peraturan itu. Kenapa? Karena mereka belum tahu, atau belum memasuki dunia di mana mereka bisa berkompromi dan berlogika dengan sikap orang lain.

Jikalau ingin menggembleng sikap mahasiswa baru. Wajibkan saja mereka untuk ikut organisasi atau lomba-lomba. Mental akan terbentuk sendiri dari sana. Dan kepastian itu sudah banyak teruji. Mereka akan segera berkembang pesat dengan hawa perlombaan, dengan hawa kerjasama.

About the Author

muchtarps

Author & Editor

Mobile developer muda. Kadang berubah menjadi batman pada malam hari. Siang harinya berubah juga kalau lagi mood. Bekerja di bawah naungan bos dermawan dan rendah hati. Yaitu saya sendiri.

0 comments:

Post a Comment



 

Copyright © Mahya. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com